Paku-pakuan

paku

Tumbuhan paku/pteridophyta sangat mudah dijumpai di kawasan hutan TN Kutai. Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora ini dapat ditemui di berbagai macam habitat dan substrat (media tumbuh) mulai dari hutan bakau sampai tajuk pohon-pohon tinggi. Tumbuhan ini ada yang tumbuh di tanah (terestris), namun ada juga yang tumbuh sebagai epifit (tumbuh di bagian batang atau ranting pohon). Berdasarkan kemampuan tumbuh di lokasi dengan intensitas cahaya yang berbeda, tumbuhan paku terbagi menjadi dua kelompok yaitu tumbuhan daerah terbuka dan tumbuhan daerah ternaungi. Di kawasan hutan TN Kutai, kelompok pertama dapat dengan mudah dijumpai di sekitar jalur wisata Sangkima dan Prevab. Dicranopteris sp dan Polypodium sp adalah beberapa contoh paku yang mudah dijumpai di sepanjang jalur wisata Sangkima. Kelompok paku yang kedua umumnya dijumpai sebagai epifit di hutan yang memiliki tajuk cukup rapat. Paku sarang burung (Asplenium nidus) dan Platycerium sp merupakan contoh paku yang sering dijumpai tumbuh di percabangan pohon. Beberapa jenis tumbuhan paku juga memiliki nilai komersil disamping peran ekologis mereka di habitat alaminya. Di Jawa Barat misalnya, banyak dijual berbagai jenis paku-pakuan seperti Platycerium sp dan Adiantum sp sebagai tanaman hias karena keindahan bentuk daunnya. Beberapa jenis paku-pakuan terutama pada bagian pucuknya juga dapat dikonsumsi oleh manusia.

23 thoughts on “Paku-pakuan

  1. bisa minta daftar jenis tumbuhan paku ( pakis ) nga soalnya buat presentasi dilapangan. jika bisa dikirim lewat email aja.. makasih sebelumnya.

  2. thx buat infonya . tapi saran saya , tolong tambah foto tanaman paku nya . karena kurang jelas . penjelasannya pun hanya sedikit .

  3. ya cukup baik membantu para pelajar untuk mengetahui macam-macam tumbuhan paku.apalagi siswa yang masuk ipa bisa dapat lebih memahami.

  4. tolong dalam situs ini dibuat cara merawat paku ya….soalnya saya seorang pecinta dan pengoleksi paku, dan tolong gambar dan jenis – jenis paku yang lain dibuat disini.thx ya….

  5. tolong cara merawat paku ditambahi infonya dong…soalnya saya ingin merawat paku………dan gambar, n jenis – jenis paku di tunjukin lebih bwanyak yh…thx

  6. @liska; merawat paku sebanarnya sangat mudah yang penting kondisi kelembaban dijaga. beberapa jenis paku berjenis epifit memanfaatkan sangat sensitif dengan kelembabannya, upayakan sesuai dengan kondisi dialam, misal dibawah pohon dll
    trims

  7. Bisa tolong berbagi buku atau literatur tentang identifikasi jenis paku-pakuan g? Bgmn sy bisa memperolehnya? Sementara ini literatur yg sy punya sangat terbatas. Sy butuh sekali,tolong dibantu… Trima kasih sebelumnya. Sy tugas di BKSDA NTB.

  8. Sy mhn bntuany dunk.. Knp fmily Thelypteridaceae kok memliki anggta jnis trbnyak dlm pnelitian sy.. Mhn lteratrny.. Klo bs dkrim lwt email sy. Trim’s

  9. kebetulan aku sekarang semester delapan aku sangat butuh sekali nih referensi tentang paku-pakuan tolong di lengkapi dong literatur paku-pakuanya soalnya aku butuh bangat lituratur ini….makasih ya atas bantuanya moga di beri pahala oleh Allah amin

  10. menyambung dengan yang sudah kasih comment sebelumnya. saya juga sedang penelitian mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan paku di daerah dieng (kab. pekalongan, jawa tengah). untuk tumbuhan paku di indonesia, apakah sudah ada buku referensi lokalnya? karena buku identifikasi yang ada kebanyakan produk luar dan sudah lama. trims.
    mari kita saling bertukar informasi.

  11. menyambung dengan yang sudah kasih comment sebelumnya. saya juga sedang penelitian tentang jenis-jenis tumbhn paku yang ada di kawasan dieng (kab. pekalongan, jawa tengah). untuk tumbhn paku di indonesia, apakah sudah ada buku referensi atau literatur lokalnya? karena kebanyakan buku identifikasi yang ada berasal dari luar dan sudah lama. mari saling bertukar informasi. trims.

  12. Yang saya tahu, suplir termasuk tumbuhan air/rawa, barangkali jika anda ingin mencari dapat melakukan identifikasi terhadap lokasi-lokasi yang ber air seperti rawa. Saya tidak banyak informasi mengenai tumbuhan ini.

  13. Kami masih mencari referensi terbaru soal tumbuhan paku di Indonesia… jika ada perkembangan akan kami sampaikan… semoga
    salam lestari

  14. kami belum punya ahli dibidang paku-pakuan, saat ini beru terbatas pada inventarisasi dan identivikasi,namun juga belum didukung oleh pendanaan sehingga informasi masih belum valid betul..

  15. bisa minta daftar jenis tumbuhan paku ( pakis ) nga soalnya buat presentasi dilapangan. jika bisa dikirim lewat email aja.. makasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s