Burung


rangkong

TN Kutai memiliki kekayaan jenis burung yang cukup tinggi. Tercatat sekitar 330 jenis burung yang tergabung dalam 49 famili menghuni kawasan hutan di TN Kutai. Sebanyak 35 jenis burung di antaranya merupakan burung-burung yang terdapat dalam daftar CITES. Penelitian mengenai burung di TN Kutai masih sangat kurang. Salah satu jenis burung yang menjadi daya tarik kawasan ini dan masih dapat dijumpai adalah burung enggang (Buceros spp dan Anthracoceros spp). 

Burung enggang  memiliki ukuran tubuh cukup besar, yaitu sekitar 100 cm. Ada sekitar 8 jenis burung enggang di TN Kutai dengan warna tubuh perpaduan antara hitam dan putih, sedangkan warna paruhnya merupakan perpaduan warna kuning, jingga dan merah. Ciri khas dari burung ini adalah adanya cula paruh (casque) yang tumbuh di atas paruhnya. Burung yang makanannya buah ara ini mempunyai tingkah laku bersarang yang khusus.

Di TN Kutai, burung enggang sering terlihat melintas sendirian atau berpasangan di kawasan wisata Sangkima atau Prevab. Kepakan sayapnya yang cukup keras menjadikan kehadiran burung ini dapat diketahui, sekali pun dari dasar hutan. Namun dengan adanya penebangan hutan yang tidak terkendali akan menyebabkan burung ini semakin sulit ditemui.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s