Prevab- Mentoko, Pelita di Tengah Rimba

Pada tanggal 20 september 2008, untuk kesekian kalinya kami mengunjungi prevab. Bersama tiga orang turis dari Australia, kami menuju kawasan yang terkenal dengan wisata orangutan liarnya. Prevab berada di bagian utara TN Kutai, terletak di sebelah barat Kota Sengata, untuk mencapainya harus ditempuh dengan menyusuri Sungai Sengata kearah hulu. Dari dermaga Papa Charlie, Dusun Kabo Jaya diperlukan waktu tempuh sekitar 20 menit dengan menggunakan ‘ketinting’ ( perahu motor ) untuk mencapainya. Sementara Mentoko terletak disebelah barat Prevab, dicapai selama 30 menit dari Prevab menyusuri sungai Sengata kearah hulu. Prevab -Mentoko berada dalam seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah 1 Sengata.

Asal muasal keberadaan Prevab sebagai lokasi penelitian ini dimulai ketika sekelompok peneliti dari Universitas Washington melakukan studi primata di daerah in tahun 1969 . Mereka adalah Windell, Carolyn Wilson, Bruce Wheatly, dan David L Phearson. Mereka membangun dua camp tarik/ prefabricated houses untuk penelitian. Lokasi tersebut kemudian dikenal dengan nama ‘Prefab’ atau biasa ditulis ‘Prevab’. Sebagian camp kemudian digunakan jagawana untuk pos pengamanan hutan. Selain studi primata, tercatat Leighton juga mempelajari hewan vertebrata pemakan buah-buahan serta melakukan identifikasi terhadap tumbuhan yang dimakan hewan-hewan tersebut.

Penelitian didaerah Mentoko diawali oleh Peter S. Rodman, seorang peneliti primata dari Universitas California yang melakukan penelitian tentang mamalia khas/unik yang mempunyai kedekatan dengan manusia pada tahun 1970. Dia datang bersama dengan tim BIOTROP yang melakukan investigasi kondisi dan kesesuaian kawasan tersebut sebagai tempat studi ekologi hutan tropis. Peter S. Rodman juga mengajak mahasiwanya seperti Bruce Weathly, Mark Leighton, John Mitani, dan Leo Berenstain, saat melakukan kunjungan ke lokasi penelitian secara teratur untuk mempelajari hidupan liar yang lain. Apa yang mereka lakukan telah membuat Mentoko menjadi salah satu tempat penelitian hutan tropis yang produktif, pada masa itu.

Setelah kebakaran tahun 1983 selesai, Shigeru Azuma dan Akira Suzuki dari Primate Research Institute , Universitas Kyoto didampingi oleh Yayat Ruhiyat dari Universitas Padjajaran, Bandung melakukan penelitian di Mentoko selama beberapa bulan. Perkembangan selanjutnya, Akira Suzuki melakukan penelitian jangka panjang tentang socio- ecology orangutan di TN Kutai. Kerjasama dibangun antara Departemen Kehutanan, Kyoto University dan Universitas Padjajaran dengan membangun pusat penelitian yang kemudian dikenal dengan nama Camp Kakap di Prevab pada tahun 1994 .

Prevab dan Mentoko kemudian menjadi salah satu pusat penelitian orangutan yang penting. Banyak mahasiswa dan peneliti yang melakukan penelitian di Prevab- Mentoko. Bekerjasama dengan Yayasan LORIES, Prevab secara khusus dikembangkan menjadi Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH).
Pada tahap selanjutnya Prevab berkembang menjadi salah satu tempat untuk ekoturisme yang banyak dikunjugi bagi wisatawan asing dan domestik untuk melihat orangutan liar di alam secara langsung.
Pusat penelitian Prevab – Mentoko saat ini masih bertahan. Tempat ini telah menjadi bagian penting dari perkembangan ilmu biologi dan ekologi hutan tropis, juga telah memberikan kontribusi terhadap pengetahuan tentang socio ecology orangutan liar melalui penelitian jangka panjang yang dilakukan oleh Akira Suzuki sejak tahun 1983 sampai sekarang.

Masih banyak kekayaan hutan tropis yang belum dipelajari hingga saat ini. Mempertahankan Prevab-Mentoko dan TN Kutai ibarat menjaga pelita ilmu pengetahuan supaya tetap menyala agar generasi selanjutnya dapat terus belajar, menyibak rahasia-rahasia alam yang masih menjadi misteri (Leo).

One thought on “Prevab- Mentoko, Pelita di Tengah Rimba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s