Pendahuluan

lanscapecapungcolifloriorangutan

Kawasan hutan TN Kutai merupakan salah satu contoh perwakilan hutan hujan dataran rendah di Kalimantan Timur. Berbagai macam tipe vegetasi tersebar di kawasan konservasi seluas 198.629 hektar. Hutan ulin-meranti-kapur, dipterokarpa campuran, bakau dan kerangas adalah beberapa tipe vegetasi yang ada di TN Kutai.

TN Kutai memiliki kekayaan jenis flora, fauna dan organisme lain yang tinggi. Kira-kira terdapat 900 jenis tumbuhan di TN Kutai yang telah teridentifikasi, dan masih banyak lagi jenis tumbuhan yang belum diketahui. Kelompok tumbuhan rumput-rumputan, sirih-sirihan, palem, paku dan lumut termasuk tumbuhan yang belum dieksplorasi.

Serupa dengan tumbuhan, TN Kutai juga menyimpan potensi satwa yang luar biasa. Di kawasan konservasi ini terdapat satwa yang dilindungi seperti orangutan dan bekantan. Jenis satwa lain seperti burung enggang, kura-kura kaki gajah dan bajing kerdil telinga hitam juga mendiami kawasan hutan.

Keanekaragaman jenis flora, fauna dan organisme lainnya di TN Kutai dalam dua dekade terakhir menghadapi tekanan yang hebat baik kuantitas maupun kualitasnya. Perambahan, penebangan dan perburuan liar adalah beberapa aktivitas yang mengancam keberadaan dan kelestarian tumbuhan dan satwa yang ada di TN Kutai. Jika kegiatan yang melanggar hukum tersebut terus dilakukan, bukan tidak mungkin hutan TN Kutai akan hilang berikut tumbuhan dan satwa yang yang ada. Menyadari hal tersebut di atas, sudah sepatutnya kita peduli terhadap kelestarian hutan TN Kutai yang telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat, seperti menyediakan udara dan air bersih, mengatur iklim baik lokal maupun regional, mencegah dan mengurangi dampak bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

3 thoughts on “Pendahuluan

  1. maju terus taman nasional kutai…pertahankan dirimu sekuat tenaga dari keserakahan umat manusia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s